Pada 23 Oktober 2024, dalam acara Webinar Berbagi dan Kolaborasi Sahabat Teknologi 2024 bertajuk “BERITA BATIK PAPUA” atau BErbagi CeRITA Praktik Baik Pembelajaran BerBAsis TIK di PAPUA, saya berkesempatan berbagi pengalaman mengenai implementasi Metode Flip Classroom berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP Negeri 2 Merauke.
Acara webinar ini diselenggarakan oleh Komunitas PembaTIK Papua dan dibuka oleh Febi Eldami Menda, S.Pd, Duta Teknologi Papua Pegunungan 2023, yang juga bertindak sebagai keynote speaker. Selain itu, webinar diisi oleh pembicara-pembicara berpengalaman lainnya, termasuk:
- Ami Diniarti, S.Pd. (Sahabat Teknologi Papua Selatan)
- Mohammad Safii, S.Pd., S.I.Kom., Gr. (Sahabat Teknologi Papua Selatan)
- Yohana Paulina N. Awengkari, S.Pd. (Sahabat Teknologi Papua Selatan)
- Yulianingsih, S.Pd., Gr, M.Pd. (Sahabat Teknologi Papua)
- Juhaira Bintin Totoh, S.Pd. (Sahabat Teknologi Papua Pegunungan)
Saya sendiri bertindak sebagai moderator dalam acara ini serta menyampaikan materi berjudul “Praktik Baik Pembelajaran Berbasis TIK dengan Memanfaatkan Google Classroom, Quizziz, dan Media Sosial (Instagram & TikTok) Menggunakan Metode Pembelajaran Flip Classroom bagi Siswa SMP Kelas 8 di SMP Negeri 2 Merauke”.
Dalam penerapan Flip Classroom berbasis TIK di SMP Negeri 2 Merauke, saya memanfaatkan platform seperti Google Classroom untuk berbagi materi yang dapat diakses siswa secara mandiri di rumah. Materi ini mencakup video, presentasi, atau artikel yang membantu siswa memperoleh pemahaman dasar sebelum pertemuan tatap muka di kelas. Saat di kelas, pembelajaran berfokus pada diskusi dan kegiatan interaktif yang memperdalam pemahaman siswa, didukung juga oleh penilaian menggunakan Quizziz yang memberikan umpan balik cepat serta menjaga keterlibatan mereka.
Selain itu, saya menggunakan Youtube, Instagram dan TikTok untuk menyampaikan konten edukatif tambahan dalam bentuk video pembelajaran, video pendek, yang tidak hanya mendekatkan materi dengan kehidupan siswa sehari-hari tetapi juga meningkatkan minat mereka terhadap pelajaran. Dengan metode ini, siswa lebih aktif berpartisipasi, belajar mandiri, dan memiliki pemahaman yang lebih mendalam. Meskipun ada tantangan seperti keterbatasan akses internet dan keterampilan digital yang beragam, solusi seperti panduan penggunaan platform secara sederhana dan pengunduhan materi offline telah membantu mengatasi hambatan tersebut.
Sebagai pelengkap dari uraian singkat ini, saya sertakan slide presentasi di bawah yang merangkum penerapan metode Flip Classroom berbasis TIK di SMP Negeri 2 Merauke. Slide ini memuat langkah-langkah implementasi, keuntungan, tantangan, serta solusi praktis yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Semoga dapat menginspirasi pendidik lain dalam mengadopsi teknologi demi menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif.
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2024
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
Praktik Baik PembaTIK di SMPN 2 Merauke oleh Mohammad Safii